TABETA Creative Club what's your story?

Budaya Indonesia tidak lepas dari budaya bercerita. Dari Sabang sampai Merauke, ada kisah dan legenda yang disampaikan melalui berbagai bentuk, diantaranya melalui dongeng turun temurun, lakon wayang, pantun dan puisi, lirik lagu, tarian ataupun relief pada peninggalan bersejarah dan sebagainya. Baik itu cerita tentang terbentuknya suatu tempat atau kerajaan, cerita kepahlawanan dan keberanian suatu suku maupun kekayaan alamnya.

TABETA Creative dibentuk tahun 2016 oleh Beta Perwata sebagai sarana untuk mengembangkan daya imajinasi dan cara berpikir kreatif anak-anak melalui workshop menulis kreatif. Hal Ini sebagai bagian upaya TABETA Creative untuk berpartisipasi dalam menggerakkan budaya bercerita di kalangan anak-anak Indonesia.

Apa yang dipelajari oleh anak-anak melalui workshop ini?

Menciptakan Karakter ; Melalui tema yang dipilih, anak-anak akan bereksplorasi untuk menciptakan dan mengembangkan suatu karakter sebagai tokoh cerita. Eksplorasi ini di lakukan melalui bantuan visual - baik gambar-gambar ataupun hand painting. Anak akan didorong untuk mengenal karakter yang dibuatnya lebih dekat.

Menciptakan plot cerita sederhana ; Karakter yang telah dibangun akan dimasukkan ke dalam cerita. Anak-anak didukung untuk berekplorasi dengan drama dan konflik untuk membuat cerita menarik.

Story Telling ; Di akhir workshop, anak-anak akan diminta untuk menceritakan Cerita Mereka. Hal ini mendukung anak untuk menjadi lebih percaya diri berbicara di publik dan membantu mereka meng artikulasikan ide mereka secara verbal

Apakah anak harus sudah bisa baca tulis untuk mengikuti workshop ini?

Tentunya akan membantu jika anak-anak bisa mengekspresikan ide mereka melalui tulisan. Tetapi karena penekanan dari workshop ini adalah untuk menggali imajinasi mereka, maka baca tulis bukanlah menjadi halangan. Anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis tetap bisa menciptakan karakter secara visual lalu menceritakannya secara verbal.

Apa kata mereka?

Charity Creative Writing Workshop untuk siswa Cipayung Refugee Education Center . Tidak semua siswa bisa ber bahasa Inggris, namun itu bukan halangan. Mereka diberikan kebebasan bercerita dalam bahasa ibu mereka lalu diterjemahkan oleh para gurunya.

Siapa Beta Perwata?

Saat berkuliah disain grafis di Australia, Beta Perwata justru mendapat banyak pujian tambahan dalam kemampuannya berekspresi melalui kata-kata dan tulisan. Beta Perwata lalu memulai karirnya di periklanan sebagai Penulis Naskah Iklan, profesi yang dijalaninya selama 20 tahun. Sebagai praktisi kreatif periklanan Beta Perwata sadar bahwa setiap 'brief' adalah proses pembelajaran. Enam tahun menjabat sebagai Regional Creative Director dan bertempat di Mumbai India, Beta Perwata justru belajar lebih banyak tentang budaya dan kebiasaan Indonesia. 'Kill your darling' adalah prinsip yang dipegang dalam mengedit dan mengkurasi suatu ide kreatif, agar cerita bisa berkembang menarik tanpa keluar dari tujuan. Apalagi dalam dunia iklan dimana cerita harus dikomunikasikan dalam waktu hanya 30 detik. Tumbuh dan besar di keluarga penulis, seniman dan pendidik, masa kecil Beta Perwata diwarnai oleh berbagai bentuk ekspresi. Saat hujan turun dan tak bisa bermain di luar, Beta dan kakak adiknya secara 'impromptu' membuat sandiwara radio, merekam angin badai dengan meniup langsung bagian microphone radio atau menghentak-hentakkan jari tangan untuk menciptakan derapan pasukan berkuda. Setelah dewasa, imajinasi ini juga disalurkan melalui cerita pendek yang beberapa diantaranya telah diterbitkan di The Jakarta Post. Latar belakang ini yang membuat Beta Perwata menyadari bahwa proses berpikir kreatif adalah dasar yang diperlukan untuk bisa melihat suatu masalah dari berbagai sisi dan bahwa proses berpikir kreatif tidak akan pernah berhenti. Beta Perwata adalah pendiri TABETA Creative Club, Dosen fakultas Public Relations di London School Of Public Relations, Independent Trainer di Imago School of Modern Advertising, Creative Communications Consultant PT. Lima Loukya Altama. Kunjungi link ini untuk melihat karya Beta Perwata sebagai praktisi periklanan www.behance.net/betaperwata

Silahkan hubungi tabetacreativeclub@gmail.com untuk berbincang lebih lanjut mengenai kemungkinan kolaborasi.

Follow Instagram kami @tabeta_creative

Terima kasih.

Created By
Beta Perwata
Appreciate

Made with Adobe Slate

Make your words and images move.

Get Slate

Report Abuse

If you feel that this video content violates the Adobe Terms of Use, you may report this content by filling out this quick form.

To report a Copyright Violation, please follow Section 17 in the Terms of Use.