Loading

Program Pengabdian • TAHUN PELAJARAN 2019/2020 • ANGKATAN 8

Kata Pengantar

“Menjadi komunitas pemelajar yang bersinergi membangun manusia Indonesia yang berkarakter (jujur, mandiri, kritis, inovatif), cerdas, dan bermanfaat.”

Program Pengabdian adalah pewujudan “bermanfaat” dalam visi Sekolah Gemala Ananda, dan merupakan salah satu syarat kelulusan pada akhir kelas VI. Dalam program ini, siswa belajar berkontribusi terhadap pemecahan sebuah persoalan atau kebutuhan konkret dalam masyarakat di lingkungan sekitarnya. Mereka menerapkan kemampuan berwelas asih, berpikir kritis dan inovatif, serta mensintesis berbagai pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari, untuk menghasilkan karya nyata. Kerangka proses yang digunakan diadaptasi dari Design for Change (https://www.dfcworld.com/SITE).

Pada tahun-tahun sebelumnya, siswa bekerja sama dalam kelompok kecil dan melaksanakan Program Pengabdian di komunitas luar sekolah. Namun pada tahun pelajaran 2019/2020, karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi COVID-19, ananda melaksanakannya dalam lingkup #dirumahaja. Mereka mengidentifikasi kondisi atau permasalahan di rumah melalui pengamatan dan wawancara dengan warga rumah, dan mengembangkan solusi.

Melalui pameran virtual ini para siswa kelas VI berbagi karya nyata yang telah mereka laksanakan. Pameran ini diharapkan menginspirasi kita semua untuk selalu membawa manfaat bagi sekeliling kita, sesederhana apa pun, dengan cara menjadi bagian dari solusi.

Terima kasih pada seluruh siswa kelas VI atas kerja nyata, kerja dari hati, ini. Apresiasi juga kami sampaikan kepada Ayah dan Ibu yang telah berperan sebagai pembimbing program, karena lingkup pelaksanaannya #dirumahaja.

Kelas VI-B Kelelawar Kepala Hitam

Aaron Joshua Neeman

Aaron

Aisyah Annabelle Hadi

Aisyah

Amazanisa Zakiera Agustiyanto

Kiera

Attaya Kenzie Sevtiawan

Kenzie

Brazka Albilal Siambaton

Bilal

Bre Bara Bestari

Bre

Deluna Nayfa Zahira

Duna

Falisha Fitrilarasati Sangadjie

Icha

Freia Qudsia Al Kayyis

Freia

Galang Radityowarman

Galang

Ganang Ardra Hudiono

Ganang

Johand Bamario Dimalouw

Bama

Kaylee Andrina Agustine

Kaylee

Made Dennis Darian Wisnawa

Dennis

Mohammad Kaendra Hafizh Mudatsir

Keke

Ni Putu Indira Sasrika

Indi

Rizky Yusuf Raditya

Kiky

Serafina Anjani Puspita

Sera

Shafa Khayira Sulaeman

Shafa

Sophie Aisyah Kurniawan

Sophie

Usamah Shaddik Bagdadi

Usamah

Ziggy Bian Satriani Siregar

Bian