GAYA ASAL UTK MEMULAI MENJADI SUTRADARA VIDEO CLIP By Virlanwana

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Shalom. Om Swastyastu. Namo Buddhaya.

Diawali semua proses dari Asal, Asal niat pasti dapat, Asal ada kemauan pasti ada jalan, Asal yakin dan percaya pasti terwujud, ya itulah asal muasal kategori sutradara asal ;)

Image from Elfa's Singers Music Video
Video clip adalah sebuah sarana produk untuk mempromosikan lagu & sang artis, produk komersial dari Industri musik.

sutradara video clip tidak hanya memiliki karya yang bagus tapi juga punya visi untuk mengangkat sang artis serta lagunya dari sisi komersil.

Urutannya: penyanyi dikontrak produser/musik label, kemudian terciptalah lagu dan arransemen musik, dikemas produksi dalam bentuk kaset, cd yang dijual komersil di berbagai outlet maupun dalam bentuk digital yang dijual dengan cara download dan juga dengan cara berlangganan RBT (Ring Back Tone) dgn pembelian berlangganan melalui pulsa. Sutradara video clip Setidaknya harus mengetahui prosesnya, sudut pandang bisnisnya, tujuan akhir kenapa industri musik butuh video clip.

Goal: video clip berhasil mendongkrak penjualan lagu dan penyanyinya.

Saya masih inget perkataan produser dijaman dulu: "pokoknya elu bikin clip ini.. gimana caranya, pokoknya bikin gua punya artis lagunya laku, lu pikirin deh tuh", kita sebagai sutradara video clip harus mengerti kenapa produser itu bisa berbicara spt itu, jangan hanya menangkap sebagai perkataan dengan intonasi keras & kasar.

Nah.. Siapkan diri ini mengikuti Gaya Asal untuk memulai menjadi Sutradara Video Clip

Image from Cindy Bernadette's Music Video

LOVE WHAT YOU DO

Video clip terdiri dari musik & gambar, yang paling dasar untuk menjadi sutradara video clip mutlak harus menyukai musik & juga gambar. Awal berkarya bermusik kemudian pindah ke visual telah berpengaruh besar dalam karier saya menjadi sutradara video clip. Saya selalu percaya Asal kita mencintai apa yang kita kerjakan maka hasilnya akan hebat, ada kekuatan daya ilahi yang hadir di dalam karya. Saat menerima sebuah project lagu dari produser musik, maka secara langsung memiliki tugas dan tanggung jawab atas lagu tersebut dalam menciptakan visual. Sebagai sutradara harus menyukai, mendalami, merasuki serta memahami lagu tersebut.

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle.” Steve Job
Kenalilah karakter, kelebihan, kemampuan, style hingga keinginan dari sang artis. Saya harus menghilangkan ego untuk membentuk image dari sang artis, karena setiap artis memilki perbedaan. Pada saat menguasai semua itu maka hadir sebuah konsep dan akhirnya menciptakan sebuah karya yang memiliki jiwa.
Behind the scene Nikita's Music Video from The Freaks's Album

DO WITH PASSION OR NOT AT ALL

melakukan sesuatu dengan setengah hati maka hasilnya setengah jiwa. Asal berkarya dengan hati maka hasilnya akan sampai dihati, maka itu Jika tidak dapat menyukai lagunya hindari kerjaannya, Selalu berusaha berkarya dengan jujur, total tanpa berharap pujian. Dalam memulai meniti karier sebagai sutradara video clip, saya belajar untuk berkarya dengan dasar minat & rasa, dari minat & rasa ini yang menuntun terus cari ilmu dari berbagai hal, minat & rasa ini yang menciptakan gairah dan hasrat untuk terus menciptakan karya lebih baik. saya sering membaca beberapa kisah orang hebat dan mengambil kesimpulan bahwa karya besar mereka abadi karena ada hasrat, gairah dan memiliki jiwa dalam setiap menciptakan karyanya.

"One person with passion is better than forty people merely interested." — E. M. Forster
it's a beautiful things
Hingga akhirnya tidak bisa kelain hati, menjadi sutradara video clip adalah pilihan hidup.
Behind The scene Alexander's Music Video

BE YOURSELF

Mencari refrensi dari berbagai media utk mendapatkan ilham atau menambah ilmu adalah hal yg lumrah, saya bisa jadi tau cara mengedit, color grading, merancang effect, menata lighting, mengarahkan camera dan juga mengikuti perkembangan tekhnologi sebagian besar berasal dari youtube, vimeo, film, majalah atau karya orang lain di seluruh dunia ini.

Asal kita ingin/memiliki minat terus belajar menambah ilmu, sang Universe akan mempertemukannya, ini bagian dari Law Attraction.

Setiap manusia pasti memiliki figur/idola atau panutan yang mempengaruhi gaya dalam karyanya. Sutradara yang memiliki signature atau mempunyai ciri khas akan menciptakan originalitas, originalitas ini akan menciptakan eksklusifitas dalam setiap karyanya.

jadilah diri sendiri dalam menciptakan karya, jangan takut hujatan, jangan berharap pujian. Berkaryalah dengan jujur, setidaknya kita menciptakan perbedaan.
Hype Team, Fantastic Four

"Lan, elu banget deh style & warna clipnya" aneh mendengar kata itu, timbul pertanyaan salahkah dengar karya karya saya?, Berkali kali mendengar perkataan seperti itu, saya selalu menganggapnya kritikan. Hingga suatu saat saya membuat clip dengan meniru treatment, style dr sutradara lain yang menurut saya hasilnya bagus, tapi yang saya dapati produser setengah tidak puas dengan hasil video clip dan bilang "gw sih gak liat gaya kamu di clip ini lan? saya milih kamu karena suka dengan warnanya, tapi ini enggak banget". Disini saya baru sadar apa yang namanya originalitas.

Proses selanjutnya saya belajar memahami tentang seni, sense of art. Setiap project adalah pengalaman berharga, nantinya mejadi bagian sejarah dalam berkarya. Selalu berusaha mengkosongkan diri saat bertemu orang lain adalah hal yang paling indah untuk mendapatkan ilmu baru, membuka luas wawasan, semakin terbuka dengan hal-hal kecil yang berpengaruh besar dalam berkarya.

But to me, to be original is to be yourself. Marc Newson
Behind the scene Sony Music Indonesia's Various Artist Music Video
Kreatif tanpa batas. Andy Warhol, Pablo Picasso, Bethoven, Christopher Nolan, Michael Jackson bahkan Muhammad Ali mereka adalah sebagian Seniman besar yang memiliki originalitas dan menciptakan perbedaan dalam setiap karya besarnya. Jadilah diri Sendiri.
Behind the scene Yuka (Indonesian Idol) Music Video

LIFE IS A JOURNEY NOT A COMPETITION

Orang yang merasa kaya pasti bukan orang kaya, begitu pula dengan orang yang merasa hebat, pinter dan sukses. Jangan pernah ada kata puas.

Segala proses segala aspek dalam perjalanan hidup ini harus kita jadikan sebagai bentuk proses pembelajaran, termasuk dalam berkarya, berkarya bukan soal menang & kalah dengan karya orang lain. Expect less.. Seperti halnya kehidupan, berkarya adalah sebuah perjalanan bukan sebuah kompetisi.

Seni itu tentang rasa, setiap manusia memiliki tingkatan standar selera yang berbeda, bagus buat si A belum tentu untuk si B, jelek untuk si C belum tentu jelek untuk si D.

Call me crazy, but i love to see people happy & succeeding. Live is a jouney not a competition.

Asal karya itu dikerjakan dengan hati, ikhlas tanpa pamrih pasti hasilnya hebat.

Bentuklah mindset bahwa kemenangan, popularitas, penghargaan, pujian dan materi adalah bonus dari pencapaian kerja keras dalam berkarya.
Behind the scene Hussein (Indonesian Idol) Music Video

BELIEVE IN YOURSELF

Disaat pertama kalinya saya dipercayakan untuk membuat video clip artis ternama dari label musik besar bermacam rasa hadir, Senang, panik, kuatir, bingung bahkan hampir memutuskan untuk menolak. Mungkin saat itu mental saya belum siap untuk membuat karya untuk level yang lebih tinggi. Pada akhirnya sayapun memutuskan memberanikan diri untuk keluar dari comfort zone dan menerimanya. Walaupun hasil akhir dari video clip tersebut belum cukup memuaskan namun membuat kepercayaan diri mulai hadir, menciptakan kemampuan dengan ilmu baru.

Pada saat dimana saya percaya & yakin pada diri sendiri mampu berkarya dengan baik, disitulah awal yang membawa saya berkarya lebih profesional hingga16 tahun kemudian menghasilkan kurang lebih 400 karya video clip. GRATEFUL.

If you believe in yourself and feel confident in yourself, you can do anything. I really believe that. Karlie Kloss
Asal percaya akan kemampuan diri kita sendiri segalanya menjadi luar biasa..

Segini dulu Gaya Asal Memulai menjadi Sutradara Video clipnya ya, semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat dari sedikit ilmu melalui proses dan pengalaman ini. Tidak ada niat menggurui karena yang nulis masih proses berguru & mencari ilmu.

See the world from different way

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

YES, I,M A DREAMER
STAY HYPE & LIVE SIMPLY
Created By
Virlanwana Langgong
Appreciate

Report Abuse

If you feel that this video content violates the Adobe Terms of Use, you may report this content by filling out this quick form.

To report a Copyright Violation, please follow Section 17 in the Terms of Use.