Lembaga Hak Asasi Manusia Made by raffi

KOMISI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA

KOMNAS HAM

Komnas HAM adalah sebuah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia.

Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Kejahatan Terhadap Kemanusian adalah hukum internasional yang mengacu pada tindakan pembunuhan massal dengan menyakitkan orang-orang, sebagai suatu kejahatan penyerangan terhadap yang lain.

Aksi bom Bali (2002)

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2002. Sebuah bom diledakkan di kawasan Legian Kuta, Bali oleh sekelompok jaringan teroris.

Kepanikan sempat melanda di penjuru Nusantara akibat peristiwa ini. Aksi bom bali ini juga banyak memicu tindakan terorisme di kemudian hari.

Peristiwa bom bali menjadi salah satu aksi terorisme terbesar di Indonesia. Akibat peristiwa ini, sebanyak ratusan orang meninggal dunia, mulai dari turis asing hingga warga lokal yang ada di sekitar lokasi.

Kejahatan Genosida

Genosida merupakan pembantaian besar-besaran terhadap suatu suku bangsa atau negara dengan maksud memusnahkan bangsa tersebut.

Pembantaian Rawagede

Pembantaian Rawagede merupakan pelanggaran HAM yang terjadi penembakan dan pembunuhan penduduk kampung Rawagede (sekarang Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat) oleh tentara Belanda tanggal 9 Desember 1945 bersamaan dengan Agresi Militer Belanda I. Akibatnya puluhan warga sipil terbunuh oleh tentara Belanda yang kebanyakan dibunuh tanpa alasan yang jelas. Tanggal 14 September 2011, Pengadilan Den Haaq menyatakan pemerintah Belanda bersalah dan harus bertanggung jawab dengan membayar ganti rugi kepada para keluarga korban pembantaian Rawagede.

Pengadilan Hak Asasi Manusia

Pengadilan Hak Asasi Manusia atau disingkat Pengadilan HAM adalah Pengadilan Khusus terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang berat. Pengadilan Hak Asasi Manusia merupakan salah satu Pengadilan Khusus yang berada di lingkungan Peradilan Umum.

Kondisi HAM di Asia Tenggara

Freedom House, sebuah lembaga independen yang bergerak di bidang monitoring perkembangan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM), baru-baru ini merilis hasil riset bertajuk Freedom in The World. Riset ini menganalisis kemerdekaan setiap negara dalam menjalankan demokrasi dan HAM di 210 negara dan wilayah di dunia.

Dalam riset tahun ini, Freedom House membaginya menjadi tiga kategori. Yakni, bebas, separuh bebas, dan tidak bebas. Kategori ini didasarkan atas skor atau penilaian yang mereka berikan. Adapun indikator yang digunakan meliputi proses pemilihan umum, partisipasi politik, fungsi pemerintahan, kebebasan berekspresi dan kepercayaan, hak asosiasi dan organisasi, aturan hukum, serta hak individu.

Made with Adobe Slate

Make your words and images move.

Get Slate

Report Abuse

If you feel that this video content violates the Adobe Terms of Use, you may report this content by filling out this quick form.

To report a Copyright Violation, please follow Section 17 in the Terms of Use.