Loading

merayakan warisan kami di Indonesia PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) telah beroperasi di Indonesia selama beberapa dekade. Sebagai operator Blok Rokan di Provinsi Riau, kami adalah penghasil minyak mentah terkemuka di Indonesia.

Kami berperan penting dalam memenuhi kebutuhan energi Indonesia. Penerapan pemulihan minyak tambahan dan teknologi digital kami telah membantu lebih banyak pemulihan energi secara aman dan terpercaya. Contohnya, kami mengoperasikan injeksi uap (steamflood) terbesar di dunia bertempat di Lapangan Duri.

Seperti efek riak (ripple effect), peningkatan ekonomi negara merupakan salah satu dampak positif yang terpicu oleh hasil kegiatan operasi kerja sama kami dengan pemerintah dan mitra kerja lainnya. Selama bertahun-tahun kami telah menciptakan lapangan pekerjaan, berkontribusi terhadap pendapatan negara dan juga mendorong peningkatan pendapatan pribadi.

Kerjasama dan investasi-investasi kami di bidang kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi telah memperkuat dan memajukan masyakat di wilayah sekitar kegiatan operasi Chevron. Semangat “gotong royong” kami, yakni berbagi beban kerja dan bekerja secara kekeluargaan merupakan warisan yang paling kami banggakan.

pesan dari presiden direktur

“Melalui kepengurusan PT CPI, Blok Rokan telah dikenal sebagai landasan industri energi dan telah memberikan kontribusi yang berarti terhadap kemajuan dalam negeri selama berpuluh-puluh tahun."

Albert Simanjuntak – Presiden Direktur PT CPI

foto ini menggambarkan warisan kami di Indonesia

Sejarah awal kami di Indonesia dimulai pada tahun 1924, ketika Perusahaan Minyak Standar California (Standard Oil Company of California) meluncurkan ekspedisi geologis ke pulau Sumatra.

penemuan ladang minyak duri, minas

Area cadangan minyak mentah pertama kali ditemukan di Ladang Duri tahun 1941. Dengan milyaran barel minyak di bawah permukaan tanah, Duri adalah lapangan dengan deposit minyak terbesar di Asia Tenggara sampai ditemukannya Ladang Minas di Asia Tenggara di akhir tahun 1944, membuat Indonesia sebagai penghasil minyak mentah terbesar di Asia Tenggara pada waktu itu

akses jalur pantai

Pada tahun 1958, kami membangun jalan yang menghubungkan Pekanbaru dan Dumai. Ini adalah jalan pertama yang menghubungkan antara pantai Timur dan pantai Barat Pulau Sumatra.

peluncuran produksi

Perusahaan Minyak Pasifik Caltex atau Caltex Pacific Oil Company (CPOC) dengan seksama mengembangkan Ladang Minas raksasa untuk mencapai 15 ribu barel minyak dalam sehari pada awal produksinya. Tahun 1952 menandai pengiriman pertama minyak dari Ladang Minas di Riau, Indonesia. Peristiwa tersebut diresmikan oleh Menteri Perekonomian Sumanang Suryominoto (foto).

konstruksi saluran pipa

Tahun 1967, Caltex menyusun sistem saluran pipa terperinci dan jalur jalan untuk menghubungkan ladang-ladang utama termasuk Bangko, Bekasap, Pematang, Petani dan Kotabatak. Area-area ini berkontribusi penting dalam hasil produksinya.

komitmen dalam bidang pendidikan

Bantuan kami dalam program pendidikan di Indonesia dimulai pada tahun 1957 ketika kami meresmikan sekolah menengah tinggi negeri pertama, SMAN 1 di Pekanbaru.

menghubungkan masyarakat

Di tahun 1977, kami memulai pembangunan Jembatan Siak, jembatan pertama di atas Sungai Siak. Tidak hanya menghubungkan wilayah selatan Pekanbaru dengan bagian utara, tetapi juga membuka akses ke berbagai bagian wilayah Sumatera. Jembatan Siak menggantikan Jembatan Ponton yang sebelumnya dibangun oleh Caltex pada tahun 1950-an.

jutaan barel

Kami mencapai puncak produksi pada bulan Mei 1973, pemompaan 1 juta barel minyak dalam sehari. Tahun 2008, kami menandai pemompaan ke-11 milyar barel minyak dari kegiatan operasi kami di Sumatra.

kerjasama kami dengan masyarakat setempat

bantuan COVID-19

Bersama dengan SKK Migas, kami menyediakan program bantuan COVID-19 senilai 11.6 milyar rupiah untuk masyarakat di Indonesia. Sebagai tambahan, PT CPI mendonasikan peralatan medis, masker dan kebutuhan pangan, pegawai kami menggalang dana untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti susu, pembersih tangan tanpa bilas.dan pembangunan fasilitas sanitasi umum.

peduli kesehatan dan air bersih

Kami mendukung masyarakat sehat melalui beberapa program yang memudahkan akses pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak serta akses air bersih.

Kami bekerja sama dengan pemerintah setempat dan organisasi lainnya untuk membantu bidan dan sukarelawan di 10 desa di Riau dan Kalimantan Timur dalam menyiapkan proses kelahiran dan komplikasi kelahiran melalui inisiatif Desa Siaga. Program sanitasi dan air bersih kami bermanfaat bagi 5.400 keluarga di 10 desa area rawan banjir Provinsi Riau.

pendidikan dan pelatihan

Pada tahun 2001, kami mendirikan institusi politeknik pertama di Riau, Politeknik Caltex Riau. Kami juga memberikan dukungan kepada universitas lokal lainnya diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada dan Politeknik Aceh.

Sejak tahun 2011, kami menjalankan berbagai macam program pelatihan keterampilan dan pengembangan ketenagakerjaan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya masyarakat lokal dan keterampilan kerja para angkatan muda, siswa yang tidak mampu dan wanita.

pengembangan ekonomi

Bekerja sama dengan mitra kerja kami, kami mengidentifikasi program-program berpusat pada penghidupan dan lapangan kerja yang berkelanjutan. Diluncurkan tahun 2001, Program Pengembangan Usaha Tempatan kami telah memberikan lebih dari 7.500 kontrak kerja kepada perusahaan lokal Indonesia dan menciptakan lebih dari 50.000 pekerjaan.

Pengembangan ekonomi multitahun “PRISMA” kami telah mendukung lebih dari 1.200 penerima manfaat melalui beasiswa dan pelatihan di 20 sektor industri, seperti pertanian, perikanan dan pembuatan Batik.

bantuan bencana

Menanggapi bencana Tsunami tahun 2004, kami bekerja sama dengan pemerintah Aceh, dengan memberikan upaya tanggap darurat dan dukungan jangka panjang melalui inisiatif Chevron Aceh Recovery. Secara total, kami mengkontribusikan 14.5 juta dolar US untuk pemulihan bencana, mencakupi dana pembangunan Poliklinik Aceh.

Melalui kontribusi keuangan dari pegawai kami dan matching fund (pelipatgandaan dana) dari Chevron, dua klinik kesehatan Pustu Plus didirikan sebagai bagian dari usaha pemulihan paska bencana gempa dan tsunami Indonesia tahun 2018.

lingkungan

Kami berjuang keras untuk melindungi lingkungan di mana pun kami beroperasi. Melalui kerjasama kami dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), organisasi afiliasi The Nature Conservancy (TNC) di Indonesia, kami berupaya dalam melestarikan hutan bakau di Provinsi Riau dan Teluk Jakarta.

Kami mendukung program pelindungan gajah di Provinsi Riau dimana beberapa saat yang lalu kami menyediakan pelacak GPS untuk memantau pergerakan gajah-gajah Sumatra yang terancam punah.

Sebagai tambahan, kami menyediakan pelatihan teknis, peralatan dan bentuk pendampingan lainnya untuk mendirikan dan menyokong bank sampah di daerah sekitar kami beroperasi.

“Setelah puluhan tahun beroperasinya Blok Rokan, kami memiliki warisan kuat terhadap keamanan, performa dan juga kekeluargaan dalam lingkup ketenagakerjaan kami. Saya bangga dengan keterampilan para pegawai dan kontraktor kami yang akan meneruskan warisan ini di masa depan.”

Kevin Lyon – Managing Director Bisnis Unit Chevron IndoAsia