Van Halen

Siapa yang tak kenal dengan band rock 1 ini. Jump, Panama, Dreams, dam tentunya permainan solo gitar Eddie dalam Eruption adalah sedikit dari karya meteka yang bisa saya sebutkan. Van Halen disebutkan seri gonta-ganti vocalist, padahal hanya ada 3 nama yang pernah mengisi posisi vocal dalam band ini, namun memang situasi dimana sang pengisi suara band ini keluar dan kembali lagi. David Lee Roth tercatat sampai 3 kali keluar masuk mengisi formasi band ini. Ada suatu hal yang menarik dari Van Halen bersaudara ini, ternyata waktu mereka kecil posisi mereka terbalik Alex bermain gitar dan Eddie bermain drum. Dan ketika Eddie melihat sang kakak lebih mahir mamainkan drum miliknya, Eddie pun berkata "okay you play drums and I'll go play your guitar". Satu hal yang saya suka dari Van Halen adalah melihat penampilan live mereka, setiap mereka tampil terlihat jelas keceriaan diwajah mereka. Ini memperlihatkan ketulusan mereka dalam bermusik.

Formasi awal Van Halen

Van Halen terbentuk sejak tahun 1974, namun sejak awal tahun 1970an Van Halen bersaudara sudah mulai membentuk band dengan nama The Broken Comb kemudian berganti nama menjadi The Trojan Rubber Co. Pada tahun 1972 mereka kembali berganti nama menjadi Genesis dengan formasi Eddie pada gitar dan vocal, Alex pada drum, dan Mark Stone pada bass. Nama Genesis pun tak bertahan lama karena nama tersebut sudah digunakan, lalu mereka berganti nama menjadi Mammoth. Pada masa ini mereka sering menyewa peralatan sound system dari David Lee Roth untuk tampil. Dengan alasan untuk menghemat biaya mereka mengajak David bergabung untuk mengisi posisi vocal. Pada hal sebelumnya David pernah mengikuti audisi untuk mengisi posisi tersebut. Dan pada tahun 1974 mereka mengganti Mark Stone dengan Michael Anthony lewat proses audisi. Pada tahun 1974 ini pula mereka resmi menamakan diri mereka menjadi Van Halen.

Karir Van Halen tak serta-merta mulus, mereka bermain dari club ke club di Passadena dan Hollywood sampai mereka memiliki cukup banyak audience, hingga mereka diundang untuk bermain di Gazzari's club. Awalnya mereka di audisi langsung oleh pemilik club tersebut, namun sang pemilik tidak berkenan Van Halen bermain di club'nya. Menurut Bill Gazzari pemilik club teraebut, mereka terlalu "berisik" namun manager club mengambil alih keputusan dan memberi keaempatan Van Halen bermain di Gazzari's club. Pada musim panas tahun 1976 Rodney Bingenheimer seorang radio disc jockey kenamaan di Los Angeles melihat Van Halen tampil di Gazzari's club, lalu ia memimta Gene Simmons dari KISS untuk melihat penampilan Van Halen. Kemudian jadilah Gene Simmons memproduseri demo rekaman Van Halen. Simmons meminta Van Halen untuk mengganti nama menjadi Daddy Longlegs, namun mereka menolak dan tetap menggunakan nama Van Halen. Setelah selesai proses rekaman Simmons memberikan demo teraebut kepada management KISS, namun pihak management menolaknya dan mengatakan "they had no chance of making it". Pada pertengahan tahun 1977 Ted Templeman dan Mo Ostin dari Warner Bros menyaksikan penampilan Van Halen di Starwood, Hollywood, mereka terkesan dengan penampulan Van Halen. Seminggu kemudian pihak Warner Bros mewarkan kontrak rekaman kepada Van Halen. Setelah sebelumnya mengalami penolakan, akhirnya kerja keras mereka membuahkan hasil. Mereka memulai proses rekaman, mengeluarkan album, tampil di berbagai tempat di California termasuk Passadena Convention Centre.

First album cover

Setelah album perdana Van Halen rilis, mereka melakukan tur, menjadi band pembuka Black Sabbath dan yang mengejutkan adalah mereka mecapai peringkat 19 Billboard Pop Music Chart. Hal ini adalah sesuatu yang luar biasa untuk debut album music bergenre heavy metal dan hard rock. Van Halen pada era David Lee Roth (1974-1985) mereka megeluarkan 6 studio album dan 8 tour concert pada tahun 1983 Eddie dan David sering menagalami perselisihan dan puncaknya pada saat mereka menyelesaikan tour. Ada selisih paham dengan Billy Sheehan bassist dari band Talas yang mengclaim dirinya akan menggantikan posisi Michael Anthony. Namun hingga saat ini hal itu tidak pernah terjadi dan tidak ada penjelasan yang pasti akan hal ini. Namun seperti kita tahu akhirnya Sheehan pun mengisi posisi bass pada album solo David Lee Roth.

Era Sammy Hagar

Setelah David Lee Roth resmi keluar, Van Halen pun mencari pengganti posisi David. Eddie pernah mengundang Patty Smyth dari Scandal namun ia menolaknya. Akhirnya Sammy Hagar pun me jadi pilihan terbaik untuk menggantikan posisi David. Sammy sebelumnya adalah vocalist dari band Montrose pada tahun 70an. Ia juga merupakan penyanyi solo yang terkenal dengan hitsnya Can't Drive 55. Pasa masa Sammy musik Van Halen mengami perubahan, musik mereka menjadi lebih kompleks. Banyak isian keyboard yang manis dari Eddie. Sebut saja hits mereka Why Can't This Be Love, Dreams, Love Walks In sangat didominasi oleh permainan keyboard Eddie. Masa Van Halen bersama Sammy Hagar berhasil mengeluarkan 4 album studio, 5150, OU812, FUCK, Balance. Serta 2 video live concert yaitu Live Without a Net dan Right Here, Right Now. Sammy pun mengalami hal yang sama dengan David, Sammy pun berselisih paham dengan Van Halen bersaudara, dan ujungnya Sammy pun meninggalkan Van Halen saat akan merilis album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka. Sammy mengatakan bahwa ia dipecat, namun Van Halen bersaudara mengatakan bahwa Sammy mengundurkan diri.

Setelah keluarnya Sammy album kompilasi harus tetap bejalan maka Eddie mengundang David untuk berkunjung ke studio mereka. Sebelumnya David pernah menanyakan lagi-lagu apa saja yang akan dimasukan dalam album kompilasi Van Halen. Singkat cerita akhirnya mereka pun menggarap album kompilasi bertemakan Greatest Hits dengan memasukan 2 single baru didalamnya. Tepat pada tanggal 4 September 1996 mereka tampil kembali bersama di acara MTV Music Awards. Ini lah personil awal Van Halen kembali tampil bersama setelah lebih dari 11 tahun di depan publik. Namun sangat disayangkan beberapa minggu setelahnya David kembali keluar dari Van Halen. David pun meminta maaf kepada seluruh fans. Eddie pun angkat bicara "kami tidak pernah menjajikan bahwa David akan kembali menjadi lead vocal selanjutnya"

Gary Cherone era

Nama terakhir yang pernah mengisi posisi lead vocal di Van Halen adalah Gary Cherone. Bersama mantan vocalist dari Extreme ini Van Halen mengeluarkan album Van Halen III. Namun sangat disayangkan penjualan album ini jauh dibawah ekspektasi. Seperti album-album lainnya mereka pun melakukan tur, sangat disayangkan nama besar Van Halen dan kepopuleran Gary bersama Extreme tidak membantu kesuksesan Halen III. Hal ini dikarenakan materi dari album ini terlalu eksperental berbeda dari album-album sebelumnya. Setelah rilis album dan melakukan tur, mereka pun kembali ke studio dan menulis lagu untuk album selanjutnya. Tetapi album itu pun tak pernah rilis karena Gary keluar dari Van Halen. Namun tidak seperti 2 nama vocalist sebelumnya yang keluar karena adanya konflik dengan Van Halen bersaudara.

Setelah nama Gary Cherone tak ada lagi nama baru yang mengisi daftar vocalist Van Halen yang ada hanyalah reuni bersama David dan Sammy. Sampai tahun 2003 Van Halen tidak tampil di depan publik. Pihak Warner Bros pun memutuskan kontrak dengan mereka. Begitu juga dengan Peavey memutuskan untuk tidak melanjutkan memproduksi EVH-signature produk. Pada tahun 2003 Van Halen reuni bersama Sammy Hagar, mereka ngengeluarkan album kompilasi dan reunion tur. Album kompilasi ini adalah awal dikeluarkannya Michael Anthony dari band dan digantikan oleh Wolfgang Van Halen, anak dari Eddie. Hal ini terindikasi pada album kompilasi bersama Sammy dimana Eddie melakukan rekaman part bass sendiri. Dan pada saat tur, untuk pertama kalinya Wolfgang berada diatas panggung bersama sang ayah. Namun Eddie mengalami kecanduan alkohol yang berlebihan dan kondisi ini terbawa sampai ke atas panggung. Selesai melakukan tur Sammy pun kembali keluar dari Van Halen, tidak hanya Sammy tapi juga bersama Michael. Sammy mengatakan sangat terganggu dengan kondisi yang dialami Eddie. Setelah Sammy keluar lagi mereka pun mengundang David untuk bergabung kembali. Hal ini pun ditanggapi dengan baik oleh David. Mereka melakukan tur ke Amerika Utara dan pada tahun 2012 mereka mengeluarkan album A Diffrent Kind Of Truth dengan David sebagai pengisi suara. Ini adalah album studio pertama mereka sejak terakhir kali mereka mengeluarkan album pada tahun 1998. Dan album ini pun mendapat antusiasme yang baik dari para penggemar. Dan sampai saat ini, itu lah album studio terakhir mereka. Ada pun mereka melakukan beberapa tur bersama David.

Itu lah mereka "Van Halen" dengan segala sensasinya tidak dapat dipingkiri mereka adalah band rock yang telah memcatatkan nama mereka di Rock n Roll Hall of Fame.

Made with Adobe Slate

Make your words and images move.

Get Slate

Report Abuse

If you feel that this video content violates the Adobe Terms of Use, you may report this content by filling out this quick form.

To report a Copyright Violation, please follow Section 17 in the Terms of Use.